Kegiatan PkM di Pesantren AL Ukhuwah Subang, Jawa Barat

Ada sesuatu yang berbeda pada kegiatan PkM oleh beberapa Dosen Teknik Mesin tahun ajaran 2022/2023 ini. Kali ini kegiatan PkM dilakukan di Pesantren Al Ukhuwah, Subang, Jawa Barat. Kegiatan dilaksanakan  pada hari Kamis, tanggal 9 Februari 2023.

Kegiatan inti dibagi dalam 2 sesi, sesi pertama adalah sesi motivasi dengan judul “Sosialisasi Pada Santri Pondok Pesantren Al Ukhuwah Subang Jawa Barat Tentang Pentingnya Matematika Pada Pendidikan Tinggi di berbagai Bidang Ilmu”. Sesi ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada santri pondok Pesantren untuk belajar matematika dengan cara mensosialisasikan penggunaan matematika di berbagai bidang Ilmu di Pendidikan tinggi.  Diharapkan dengan Santri mengetahui penggunaan matematika di berbagai bidang Ilmu di tingkat Pendidikan tinggi diharapkan akan timbul semangat untuk belajar Matematika. Apalagi Santri yang mengikuti kegiatan ini adalah Santri kelas XI dan XII yang dalam waktu dekat akan melanjutkan studinya di perguruan tinggi.

Sesi kedua adalah sesi pelatihan penggunaan software Matlab sebagai alat bantu perhitungan Kalkulus. Sesi ini berjudul “Aplikasi Matlab Untuk Kalkulus Dalam Menunjang Belajar Siswa SMAIT Al Ukhuwah Subang”. Sesi ini diikuti oleh peserta dengan antusias dan semangat. Pada sesi ini mahasiswa diberikan pelatihan penggunaan Aplikasi Mathlab untuk menyelesaikan soal soal integral dan diferensial. Diawali dengan persamaan persamaan yang sederhana sampai akhirnya berlanjut ke persamaan-persamaan yang lebih rumit. Meski awalnya peserta agak kesulitan, namun dengan semangat yang luar biasa, pelanp-pelan akhirnya mereka bisa memahami materi yang disampaikan Semangat peserta ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta sampai akhirnya mereka paham.

Kegiatan diakhiri dengan Sesi Quiz. Pada sesi peserta diberikan 20 soal untuk mereka kerjakan dalam mengguankan MATLAB. Penilaian dilihat dari jumlah soal yang terbanyak yang mampu dikerjakan oleh peserta. Pada quiz ini keluar 5 orang peserta yang mendapatkan hadiah karena berhasil mengerjakan soal dengan benar terbanyak dibanding peserta lainnya.

Meskipun Kegiatan hanya dilaksanakan dalam satu hari mulai jam 09.00 sampai jam 14.00, namun insya Allah manfaatnya besar. Terbukti dari catatan dan saran hasil kuisoner yang diisi oleh santri dan guru yang menginginkan agar kegiatan diadakan lagi di waktu yang akan datang dengan waktu yang lebih Panjang, agar santri benar menguasai aplikasi MATLAB ini.