Pertama Kalinya Teknik Mesin UMB Melakukan PkM di SMAIT Al Ukhuwah, Pegaden, Subang

Kegiatan PKM dengan judul peningkatan keterampilan siswa SMAIT Al Ukhuwah melalui pelatihan penyelesaian integral menggunakan MATLAB. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa Al Ukhuwah SMAIT dalam hal pemrograman komputer dan memanfaatkan aplikasi MATLAB sebagai sarana untuk memberikan pemahaman dasar tentang tersebut sistem pengaturan.  Meningkatkan fasilitas dukungan pembelajaran terkait erat dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan, dan aspek ini tidak dapat dipisahkan dari yang lain. Pendidikan yang diterima di sekolah adalah satu yang terjadi secara formal, yang berarti terkait dengan aturan khusus yang harus dipelajari dan diimplementasikan. Siswa lebih cenderung termotivasi untuk belajar ketika mereka terlibat dalam kegiatan yang menarik bagi mereka. "Kegiatan PKM ini adalah bagian dari inisiatif yang lebih besar yang dikenal sebagai peningkatan keterampilan siswa SMAIT Al Ukhuwah melalui pelatihan penyelesaian integral menggunakan MATLAB", ujar Muhamad Fitri, ST., M.Si., Ph.D  selaku kepala Program Studi Teknik Mesin Universitas Mercu Buana.

Program ini memanfaatkan berbagai pendekatan pengajaran, termasuk demonstrasi, kuliah, praktik langsung, dan individu panduan. Metode kuliah dan demonstrasi digunakan untuk menyampaikan pengetahuan dan pemahaman tentang banyak topik kepada peserta mengenai penerapan komputer untuk proses pendidikan di sekolah. Praktik dan bantuan digunakan untuk memberikan pemahaman mendalam dalam penerapan MATLAB untuk solusi masalah integral. Setiap siswa di SMAIT Al Ukhuwah harus mendapatkan kemampuan baru sebagai hasil dari pelatihan, dan minat mereka untuk belajar juga harus meningkat sebagai hasil dari pelatihan.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan secara langsung selama satu hari, bertempat di SMAIT Al Ukhuwah, Pegaden, Subang. Pelatihan yang berlokasi di laboratorium komputer ini dilakukan pada tanggal 9 Februari 2023 dimulai dari pukul 09.00 – 14.00 WIB. Kegiatan diawali dengan pembukaan dan pengumpulan data ulang dari peserta menggunakan formulir dalam jaringan yang sudah disiapkan sebelumnya. Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Ustadz Bajuri selaku perwakilan dari SMAIT Al Ukhuwah, Pegaden, Subang. Kemudian disambung oleh Bapak Muhamad Fitri sebagai kepala Program Studi Teknik Mesin Universitas Mercu Buana.

Siswa jurusan IPA dan IPS di SMA akan mendapatkan manfaat dari program ini dengan mengembangkan pengetahuan dan kemampuan untuk menerapkan apa yang telah mereka pelajari. Sebagian besar peserta tampaknya tidak berpengalaman dengan materi yang diajarkan. Namun, terlihat jelas bahwa semua siswa bersemangat dan tertarik dengan pelatihan ini. Beberapa peserta aktif terlibat dalam sesi tanya jawab saat informasi disampaikan.